Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dengan Mudah oleh - bisnissampingan.net

Halo sahabat selamat datang di website bisnissampingan.net, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dengan Mudah, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Mesin ATM BRI saat ini mungkin sering kita lihat bertebaran di mana-mana. Bukan hanya di sebelah bangunan Banknya, kini ATM BRI sudah tersebar di berbagai pusat perbelanjaan, stasiun, bandara, minimarket, hingga jalan- jalan desa.

Ada sekitar 23.000 unit mesin ATM BRI yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun demikian, hal tersebut bukan berarti semua orang sudah bisa menggunakannya.

Sebenarnya Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sudah masuk dan di kenalkan pada masyarakat Indonesia sejak tahun 1987. Tapi, masih banyak orang tidak mengetahui bagaimana cara mentransfer uang dengan menggunakan ATM BRI.

Untuk generasi milenial, mungkin mesin ATM bisa di pelajari dengan cukup mudah. Tapi untuk sebagian orang seperti orang tua (generasi baby boomer dan X) ataupun orang yang berada di pedesaan, hal ini masih cukup membingungkan.

Belum lagi jika harus mentransfer uang ke tujuan bank yang berbeda. Adanya potongan biaya transfer antar bank juga perlu di ketahui agar pengguna ATM tidak kaget dan tanpa sadar merasa kehilangan uang ketika mentransfer uangnya ke bank yang berbeda. Yuk langsung kita simak saja, tutorial transfer uang dari ATM BRI dengan mudah selengkapnya!

Baca juga : Panduan KUR BRI Terbaru, Bunga dan Syaratnya

Cara Transfer Uang dari ATM BRI

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan mesin ATM mungkin akan cukup kebingungan untuk menggunakan ATM BRI sebagai sarana melakukan transfer uang. Padahal saat ini kebutuhan untuk transfer mentransfer uang sangatlah tinggi.

Dengan hadirnya teknologi seperti mesin ATM, kita bisa memangkas waktu dan energi untuk berangkat dan mengantri di Bank. Nah, bagaimana langkah-langkah mentransfer uang melalui ATM BRI? Ini dia caranya!

  1. Masukan Kartu ATM BRI
    Pastikan posisinya benar. Jika tidak, kartu ATM tidak akan bisa terbaca oleh mesin ATM. Biasanya ada petunjuk arah seperti garis pada kartu ATM untuk menunjukan bagian mana yang menjadi kepala kartu.
  2. Pilih "Bahasa Indonesia"
    Untuk memudahkan kita dalam melakukan transaksi, pilih bahasa Indonesia dengan menekan pilihan "Lanjutkan atau Benar"
  3. Masukan PIN ATM
    Pada layar monitor mesin ATM BRI, Anda akan di minta untuk memasukan PIN ATM. Untuk menjaga keamanan, PIN ini bersifat rahasia. Jadi pastikan hanya Anda sebagai nasabah yang mengetahuinya. Jika PIN sudah di masukan tekan "Benar". Pastikan PIN yang Anda masukan sudah benar, untuk menghindari pemblokiran kartu ATM Jika terjadi kesalahan dalam memasukan kode PIN 3 kali berturut-turut.
  4. Pilih "Transaksi Lain"
    Jika pIN yang di masukan sudah benar, maka pada layar ATM BRI Anda akan menemukan berbagai menu. Untuk melakukan tranfer uang, Anda perlu memilih menu "Transaksi Lain"
  5. Pilih "Transfer"
    Pada menu "Transaksi Lain" yang Anda pilih, tekanlah sub menu "Transfer"

Langkah-langkah di atas adalah cara mentransfer uang lewat ATM BRI secara umum. Pada praktiknya, kita akan punya 2 pilihan untuk melakukan transfer uang.

Yang pertama adalah melakukan transfer ke sesama Bank BRI dan juga ke Bank lain. Setelah langkah 1 hingga 5 di atas, akan terjadi sedikit perbedaan untuk melakukan transfer pada 2 tujuan bank di atas.

Transfer ke Sesama Bank BRI

Setelah memilih opsi "Transfer" pada monitor mesin ATM BRI, langkah selanjutnya jika Anda ingin melakukan transfer uang ke sesama rekening BRI adalah sebagai berikut :

  • Pilih "Bank BRI"
    Setelah memilih opsi "Transfer", karena Anda ingin mentransfer sejumlah uang ke rekening BRI, maka pilih Bank BRI.
  • Masukan Nomor Rekeninng Tujuan
    Biasanya nomor rekening Bank BRI cukup panjang, yakni 15 digit angka. Pastikan nomor rekeningnya yang Anda masukan sudah benar dan melihat nama pemilik rekeningnya. Lalu pilih "BENAR"
  • Masukan Jumlah Transfer
    Jika nomor rekening tujuan sudah benar, maka selanjutnya Anda perlu memasukan jumlah/nominal uang yang ingin Anda transfer. Lalu pilih "BENAR"
  • Konfirmasi Transfer
    Setelah memasukan nomor rekening tujuan dan jumlah uang yang ingin di transfer, layar monitor mesin ATM akan memperlihatkan konfirmasi transfer dengan memunculkan nomor rekening tujuan dan jumlah transfer yang telah Anda pilih. Jika sudah benar, lalu pilih "YA"
  • Transaksi Selesai
    Uang yang telah Anda transfer sudah terkirim kepada pemilik rekening tujuan. Jika Anda tidak lagi memerlukan untuk melakukan transaksi lainnya, Anda bisa mengeluarkan kartu ATM dengan menekan tombol "CANCEL" atau dengan sendirinya mesin ATM akan memberikan opsi untuk melanjutkan transaksi atau keluar.

Transfer ke Bank Lain (Antar Bank)

Lain lagi jika Anda hendak mengirimkan uang ke bank lain (selain Bank BRI) atau kita sebut transfer antar bank. Setelah mengikuti langkah 1-5, kita perlu melakukan langkah yang sedikit berbeda dari transfer ke sesama bank BRI sebab kita harus memasukan kode bank lain.

Setiap bank memiliki kode yang berbeda, misalnya Bank BCA kodenya 014, sedangkan Bank Mandiri 008. Bahkan Bank BRI pun punya kode banknya sendiri jika Anda melakukan transfer emnggunakan mesin ATM lain dengan tujuan Bank BRI yakni 002. Lalu bagaimana langkah selanjutnya jika kita ingin melakukan transfer uang melalui ATM BRI?

  • Pilih "Bank lain"
    Setelah memilih opsi "Transfer", karena Anda ingin mentransfer sejumlah uang ke rekening lain (diluar BRI), maka pilih Bank Lain.
  • Masukan Kode Bank Tujuan
    Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, kita perlu memasukan kode bank tujuan sebelum nomor rekeningnya untuk melakukan transfer ke bank lain (selain BRI). Jika Anda belum mengetahui Anda bisa membaca bab daftar kode bank.
  • Masukan Nomor Rekening Tujuan
    Setelah memasukan kode bank tujuan, Anda bisa memasukan nomor rekening tujuan. Jika sudah yakin dengannomor dan nama penerimanya, lalu pilih "BENAR".
  • Masukan Jumlah Transfer
    Sama seperti transfer ke sesama BRI, Anda perlu memasukan jumlah uang yang hendak Anda transfer. Jika sudah, pilih "BENAR".
  • Konfirmasi Transfer
    Jika sudah melewati langkah memasukan kode bank, nomor rekening tujuan dan juga jumlah transfernya, maka layar monitor mesin ATM akan mengkonfirmasi transkasi Anda. Jika semuanya sudah sesuai, maka pilih "YA".
  • Transaksi Selesai
    Uang yang telah Anda transfer sudah terkirim kepada pemilik rekening tujuan (bank lain). Sama seperti transfer sesama BRI, jika Anda tidak lagi memerlukan untuk melakukan transaksi lainnya, Anda bisa mengeluarkan kartu ATM dengan menekan tombol "CANCEL" atau dengan sendirinya mesin ATM akan memberikan opsi untuk melanjutkan transaksi atau keluar.

Daftar Kode Bank Untuk Transfer Antar Bank

memasukan kode bank saat transfer uang lewat atm

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahwa transakasi antar bank bisa di lakukan melalui ATM Bank BRI. Namun perlu memasukan kode banknya. Tidak seperti mentransfer ke sesama rekening BRI, yang tidak memerlukan kode apapun pada saat menggunakan mesin ATM BRI.

Setiap bank memiliki kode yang berbeda. Oleh karena itu jika ingin transfer uang ke bank lain (selain BRI) perlu tahu dulu kode banknya.

Baca juga : Cara Mudah Mendaftar Internet Banking BRI Terbaru

Kode bank ini adalah kode dari Bank Indonesia yang telah di sepakati. Jadi jika ingin transfer uang menggunakan ATM BRI, kode ini sudah pasti di butuhkan. Kode bank biasanya tersedia dalam mesin ATM. Namun untuk mempermudah Anda, berikut adalah daftar beberapa kode Bank yang mungkin Anda butuhkan nanti!

NoNama BankKode Bank
1Bank BCA014
2Bank BCA Syariah536
3Bank BNI009
4Bank BNI Syariah422
5Bank BRI Syariah422
6Bank BTN200
7Bank BTPN213
8Bank Bukopin441
9Bank BII Maybank016
10Citibank031
11Bank CIMB Niaga022
12Bank CIMB Niaga Syariah022
13Bank Danamon011
14Bank DBS046
15Jenius213
16Bank Mandiri008
17Bank Mandiri Syariah451
18Bank Muamalat147
19Bank Mega426
20Bank OCBC NISP028
21Bank Permata013
22Bank Sinarmas153

Kode bank ini juga di butuhkan jika Anda hendak mengirimkan /mentransfer uang dari Bank lain. Misalnya, jika Anda memiliki rekening Bank Mandiri dan ingin mengirimkannya ke rekening Bank DBS Anda perlu menggunakan kode bank DBS diatas agar transaski bisa di lakukan.

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan transfer uang ke rekening bank lain melalui ATM BRI akan di kenai biaya sebesar Rp. 4.000 hingga Rp. 6.000. Jadi jika Anda ingin mentransfer uang antar bank, pastikan saldo cukup untuk biaya transfer tersebut.

Fasilitas Lain dari ATM BRI

fasilitas tarik uang cash atm BRI

ATM BRI merupakan One Stop Services yang di sediakan pihak Bank BRI, dimana nasabah bisa melakukan transaski selama 24 jam. Selain melakukan transfer uang, ada beberapa fasilitas lainnya yang bisa Anda manfaatkan dari mesin ATM BRI seperti :

  • Mengambil uang tunai melalui ATM BRI
  • Atau sekedar mengecek info saldo saja
  • Anda bisa mengganti PIN secara berkala utuk memastikan keamanan rekening Anda
  • Melakukan pembayaran tagihan listrik, pdam dll
  • Pembelian pulsa
  • Seiring berkembangnya teknologi, saat ini Anda juga melakukan registrasi E-Banking BRI melalui ATM BRI.

Sebagai salah satu Bank Plat Merah terbesar, Bank BRI terus meningkatkan layanannya termasuk fasilitas dan biaya transfer ATMnya. Sebab seiring berjalannya waktu nasabah BRI semakin banyak, dan kebutuhan transaksi antar bank pun semakin tinggi dalam sehari.

Sehingga bank yang berfokus pada pasar UKM ini juga perlu menyesuaikan dengan tuntutan. Kabarnya HIMBARA (Himpunan Bank Negara) akan menurunkan lagi biaya transfer ATM antar bank melalui ATM milik bank-bank BUMN termasuk BRI menjadi Rp.1500-Rp. 4000, namun hal ini belum terealisasi.

Sebenarnya Anda juga bisa memanfaat ATM BRI ketika menggunakan kartu ATM Bank lain yang masih memiliki sticker ATM Bersama atau VISA, dengan ketentuan biaya tertentu.

Baca juga : Cara mendaftar internet banking BNI terbaru

Penutup

Cukup mudah bukan melakukan transfer uanbg melalui ATM BRI? Kini Anda tidak perlu lagi mengantri di Bank hanya untuk mentransfer sejumlah uang ataupun mengambil uang. Cukup menggunakan mesin ATM BRI yang tersebar di berbagai tempat, Anda bukan hanya bisa transfer uang tapi juga melakukan transaksi perbankan yang lainnya.

Terakhir, jangan lupa menjaga keamanan rekening ANd saat menggunakan ATM, seperti dengan tidak memberikan PIN kepada orang lain dan mengganti PIN secara berkala. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda memanfaatkan fasilitas ATM BRI untuk kebutuhan transaksi Anda.

Itulah tadi informasi mengenai Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dengan Mudah dan sekianlah artikel dari kami bisnissampingan.net, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post a Comment

0 Comments